Monday 25 May 2015

pengertian booting

tentu kita pernah mendengar apa kata booting pada sebuah komputer,  untuk mengetahuinya saya akan menjelaskan apa itu booting dalam komputer.

        booting adalah suatu proses yang terjadi saat seseorang menyalakan suatu komputer. berikut urutan proses booting pada komputer. 
     setelah dinyalakan/diaktifkan semua register procesor disetting kosong. dan prosesor diseting reset. Adresa OXFFFF diload disegmen kode (code segment)  dan instruksi yang terdapat pada alamat adress tersebut dijalankan. saat terjadi proses booting secara umum BIOS (basic input ouput system) yaitu sebuah software dasar terpanggil. 
Bios akan melakukan cek terhadap semua eror dalam memory device-device yang terpasang pada komputer seperti port port serial lain. proses ini disebut dengan POST (power on self test)  setelah mengecek sistem tersebut selesai, BIOS akan mencari sistem operasi memuat nya di memori dan mengeksekusinya. 

itulah gambaran mengenai booting dalam komputer,  silahkan apabila ada yang ingin menambahkan di komentar..  semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Blogger templates

Blogroll