Tuesday 15 March 2016

Pengertian Flow Map

             Flow Map Adalah salah satu alat bantu pembuatan model sistem informasi.Flow Map berbentuk diagram alir yang menunjukan arus dari dokumen.Entitas - entitas dalam Sistem serta kegiatan operasi yang berhubungan dengan sistem informasi.Istilah lain lain untuk Flow Map adlah diagram prosedur kerja.
             Penggambaran Flow Map diawali dengan mengamati dokumen apa yang menjadi media data atau informasi,selanjutnya ditelusuri bagaimana dokumen tersebut terbentuk ke bagian/entitas mana dokumen tersebut mengalir ,proses apa yang terjadi pada dokumen,dst.
             Flow Map akan melibatkan entitas eksternal dan internal :
-      Entitas Internal adalah pelaku proses berupa personal tempat/bagian ,atau komputer dalam suatu sistem       yang melakukan kegiatan pemrosesan/pengolahan/transformasi data.
-      Entitas Eksternal adalah satuan unik yang terletak diluar sistem.entitas ini mengirim data ke sistem atau         menerima data dari sistem tersebut.

   Berikut petunjuk pembuatan Flow Map :
-     Bagilah Diagram ke dalam kolom-kolom.satu kolom untuk setiap entitas.
-     Susunlah kolom-kolom tersebut sehingga kegiatan-kegiatanya mengalir dari kiri ke kanan dan dari atas          ke bawah .
-     Minimalkan aliran data atau garis yang bersimpangan.
-     Jangan menghubungkan suatu dokumen dengan dokumen lainya secara langsung.
-     Bila diagram lebih dari satu halaman gunakan konektor halaman.
-     Cara mengakses file komputer adalah melalui simbol proses komputer.

Sekian ulasan mengenai Flow Map , semoga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment

Blogger templates

Blogroll